PKM Mengkubang
  • Login
  • Register
  • Beranda
  • Profil
    • Tentang
    • Maklumat Pelayanan
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • Peta Lokasi
  • Informasi
    • Berita
    • Artikel
  • Pelayanan
    • Jenis Layanan
    • Standar Layanan
    • SOP Layanan
  • Galeri
    • Foto
    • Video
  • Inovasi
    • SIGESITE PIS-PK
    • KATIS
    • CEKAL RAHIM
    • STAR
    • YUK NGEJIM
  • Saran & Aduan
    • Keluhan dan Saran
No Result
View All Result
PKM Mengkubang
  • Beranda
  • Profil
    • Tentang
    • Maklumat Pelayanan
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • Peta Lokasi
  • Informasi
    • Berita
    • Artikel
  • Pelayanan
    • Jenis Layanan
    • Standar Layanan
    • SOP Layanan
  • Galeri
    • Foto
    • Video
  • Inovasi
    • SIGESITE PIS-PK
    • KATIS
    • CEKAL RAHIM
    • STAR
    • YUK NGEJIM
  • Saran & Aduan
    • Keluhan dan Saran
No Result
View All Result
PKM Mengkubang
No Result
View All Result

Menawarkan bantuan lebih diperlukan saat di tempat musibah

PKM Mengkubang by PKM Mengkubang
20 Jan, 2025
0 0
0
Menawarkan bantuan lebih diperlukan saat di tempat musibah
Share on FacebookShare on Twitter



Jakarta (ANTARA) – Psikolog dari Universitas Indonesia Livia Iskandar M.Sc mengatakan saat bersama seseorang yang terkena bencana atau musibah sebaiknya menawarkan bantuan konkret sesuai yang dibutuhkan.

“Memang harus pertama ditanya adalah “apa yang bisa saya bantu?” gitu, jangan kemudian kita membantu dari pikiran kita sendiri “mestinya kayaknya perlu bantuan gini deh”, kita nggak ngecek sama orang tersebut kan harus ada yang persetujuan,” kata Livia saat dihubungi ANTARA, Senin.

Psikolog di Yayasan Pulih ini mengatakan saat berada di lingkungan yang terdampak bencana, orang yang datang sebaiknya bersikap empati dan memahami kondisi korban. Empati tersebut bisa dengan memahami jika berada di posisi korban yang kehilangan harta benda akibat bencana dan menawarkan bantuan jika diminta.

Baca juga: Anak bisa mulai diajarkan berbagi sejak usia tiga tahun

Ia juga mengatakan sebaiknya tidak membuat perasaan korban tambah sedih dengan memberikan kata-kata penguatan, karena belum tentu hal itu yang sedang dibutuhkan dalam kondisi darurat.

“Jadi memang lebih baik sih adalah kita mendengarkan gitu, kemudian kita mencari informasi apa yang kita bisa bantu dari apa yang disebutkan, kita berikan bantuan atau kita sambungkan ke penyedia layanan tersebut, jangan malah kemudian memberikan ceramah gitu, bantuan secara konkret menurut saya lebih baik,” katanya.

Livia juga menambahkan bentuk bantuan lainnya jika dalam situasi berkabung, juga bisa dengan memberikan sentuhan jika diizinkan, seperti menggenggam tangannya atau merangkul jika hubungan kekerabatan cukup dekat.

Baca juga: Anak akan paham empati bila diperlakukan secara empatik

Menunjukkan rasa “respect” pada korban bencana juga perlu dilakukan dengan tidak melanggar privasi seperti memotret atau memasuki tempat kejadian tanpa izin pemilik. Sebaliknya, jika tidak bisa menawarkan bantuan, seseorang bisa menggalangkan dana untuk para korban guna membantu meringankan kebutuhan mereka.

“Memang kita harus menunjukkan respect ya pada orang-orang yang kehilangan, pada orang-orang yang kemudian terdampak secara sangat negatif. Kita memang harus menunjukkan respect dan tidak melanggar privasi,” katanya.

Baca juga: Akademisi ungkap cara membangun empati secara digital

Baca juga: Psikolog: Orang tua harus edukasi anak agar miliki empati

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2025



Source link

Previous Post

Makanan yang tidak baik dipanaskan ulang dengan microwave 

Next Post

Makanan yang sebabkan anak alami gangguan tidur

PKM Mengkubang

PKM Mengkubang

Mitra unggul mewujukan masyarakat kecamatan Damar sehat dan  mandiri  

Please login to join discussion

Terbaru

ANAK SEHAT #shorts #tentaracilik #sehat #anak #citacitaku

ANAK SEHAT #shorts #tentaracilik #sehat #anak #citacitaku

8 Jun, 2025
0
Obat Saraf Kejepit #herbal #reels #shortvideo #shorts #viral #fyp #sarafkejepit #like

Obat Saraf Kejepit #herbal #reels #shortvideo #shorts #viral #fyp #sarafkejepit #like

8 Jun, 2025
0
#tips #tipsandtricks #tipssehat #infosehat #sehat #kesehatan #healthylife #rumahtangga#pasutri #

#tips #tipsandtricks #tipssehat #infosehat #sehat #kesehatan #healthylife #rumahtangga#pasutri #

7 Jun, 2025
0
Cara Mengaktifkan JKN Mobile Dari Bpjs Kesehatan #short #shorts

Cara Mengaktifkan JKN Mobile Dari Bpjs Kesehatan #short #shorts

7 Jun, 2025
0
Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

6 Jun, 2025
0

Saran dan Aduan

  • Indra / 10 Sep, 2022
    Silahkan tulis masukan, kritik dan saran anda disini, contoh tulisan...

Lihat saran dan aduan

Facebook Instagram Youtube

© 2020 UPT Puskesmas Mengkubang

  • Login
  • Sign Up
  • Beranda
  • Profil
    • Tentang
    • Maklumat Pelayanan
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • Peta Lokasi
  • Informasi
    • Berita
    • Artikel
  • Pelayanan
    • Jenis Layanan
    • Standar Layanan
    • SOP Layanan
  • Galeri
    • Foto
    • Video
  • Inovasi
    • SIGESITE PIS-PK
    • KATIS
    • CEKAL RAHIM
    • STAR
    • YUK NGEJIM
  • Saran & Aduan
    • Keluhan dan Saran

© 2020 UPT Puskesmas Mengkubang

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Butuh bantuan?
WhatsApp
Ada yang bisa kami bantu?